Awas!!! Dampak Buruk Akibat Main COC Lebih Banyak dibanding Manfaatnya

Bermain game COC memang sangat mengasyikan tapi Awas!!! Dampak Buruk Akibat Main COC perlu Kita hindari. Game Clash of Clans atau biasa disebut COC itu seperti halnya sebuah pedang bermata dua, maka akan ada dampak positif dan negatif dari bermain game COC ini, jadi tergantung pada diri Kita dalam bagaimana cara memanfatkannya.

main coc maingamewar.blogspot.com

Jika Kita tidak mengetahui bagaimana cara memanfaatkannya dengan benar, maka Kita bisa saja mendapat kerugian dari bermain game COC tersebut. Tapi jika Kita mengetahui bagaimana cara memanfaatkan game ini dengan benar dan cerdas, maka Kita akan mendapat banyak keuntungan dari bermain COC. Oleh karena itu sekarang Kita akan cari tahu semua tentang dampak baik dan dampak buruk bermain COC, keuntungan dan kerugian dari bermain COC, hingga dampak positif dan negatif dalam bermain COC, semuanya akan kita bahas dipostingan ini.

Dampak Baik dan Dampak Buruk bermain COC

Setelah lama saya bermain game COC ini, saya mulai mencari tahu bagaimana dampak yang dapat ditimbulkan dari bermain game Clash Of Clans. Dan jika kita lihat dari segi kesehatan, dampak baik dan dampak buruk bermain COC bagi kesehatan tubuh yaitu :

Dampak Baik dan Dampak Buruk bermain COC
  •  Mata mudah sakit - Karena terlalu lama memfokuskan mata kepada gadget yang kita gunakan untuk memainkan COC. Tampilan layar yang terlalu terang dengan warna yang panas seperti warna merah, kuning, ungu, oranye akan lebih mempercepat kelelahan pada mata.
  • Memberi spirit hidup - Hal ini bagi sebagian orang mengatakan ya bahwasannya bermain COC dapat menambah spirit kita, yang tadinya lemes jadi semangat karena memenangkan War. Yang lagi sedih berubah gembira setelah penantian upgrade bangunan-bangunan (termasuk penulis). Hal ini baik bagi tubuh karena emosi menjadi tenang dan tidak mudah setres. Tapi kemungkinan dampak yang terjadi adalah sebaliknya karena terlalu serius bermainnya.
  • Penyakitan - Kita ketahui bahwa tubuh yang sehat itu selalu mendapat asupan gizi dan istirahat yang cukup, tapi fakta menunjukkan sebagian orang yang memainkan game Clash of Clans secara terus-menerus (kecanduan) itu sangat tidak memperhatikan kesehatannya, ada yang bermain hingga tidak tidur, ada yang sampai telat makan dan hanya makan sedikit saja langsung main lagi (saya alami). Alhasil kekebalan tubuhnya melemah, tubuhnya jadi kurus, mudah pusing, pencernaan terganggu, sakit mata, tubuh merasa lemas dan masih banyak komentar lainnya, masalah kesehatan dari para pemain game COC ini.
Dari beberapa survei diatas mari kita simpulkan, bahwa dampak baik dan dampak buruk bermain COC bagi kesehatan tubuh adalah "Dampak Buruk Akibat Main COC Lebih Banyak dibanding Manfaatnya".
 

Keuntungan dan Kerugian dari Bermain COC

Sempat terfikirkankah dirimu, apakah bermain game COC itu menguntungkan atau malah merugikan ? Kalau Saya sih sudah! Dan sekarang akan Saya share beberapa hal yang sudah Saya dapatkan mengenai keuntungan dan kerugian dari bermain COC dari segi finance alias keuangan yaitu :

Keuntungan dan Kerugian dari Bermain COC
  •  Menghasilkan banyak uang - Pernah denger main COC bisa dapat banyak uang ? itu memang benar. Sudah banyak yang diberitakan bahwa sebagian dari pemain game COC ini berhasil memperoleh keuntungan yang besar dari hasil jual beli Akun game mereka. Tapi dibutuhkan kerja keras dan kesabaran untuk dapat melakukan hal ini, sebab kita semua tahu betapa lamanya untuk dapat naik kesetiap TH-nya.
  • Terjadinya penipuan - Sudah pernahkah kamu berkunjung kesuatu situs jual beli Akun COC ? inilah beberapa hal yang kadang terjadi didalm jual beli Akun COC yaitu, Pembeli tertipu dengan iming-iming harga murah dan level TH yang tinggi sehingga mereka dirugikan berupa nominal uang. Terkadang terjadi juga yang namanya Pishing sehingga seorang pemilik Akun dirugikan dengan diambilnya Akun mereka.
  •  Kebisaan boros - Pengalaman pribadi kalau soal boros saya sudah alami dan memang pembelian paket internet saya jadi lebih cepat alias kuota cepat habis. Bisa saja jadi penyebab pemborosan listrik karena cepatnya batrey gadget kita yang cepat habis akibat dipakai main COC. Untuk yang penasaran kok lama naik level-nya terkadang mereka memilih membeli Gems sebagi boost dengan membayar atau ada juga yang memilih membeli Akun sehingga mereka boros secara financial.
Dari beberapa data tersebut mari kita simpulkan, bahwa keuntungan dan kerugian dari bermain COC dari
 segi finance atau keuangan adalah "Dampak Buruk Akibat Main COC Lebih Banyak dibanding Manfaatnya".
 

Dampak Positif dan Negatif dalam bermain COC

Untuk dampak positif dan negatif dalam bermain COC sepertinya sudah banyak yang mengetahui dan menyadarinya. Tapi gak papa deh sapa tahu ada yang masih belum tahu dan penasaran, kalau gitu Saya akan share nih beberapa informasi dari berbagai sumber mengenai dampak positif dan negatif dalam bermain COC dari banyak hal :

Dampak Positif dan Negatif dalam bermain COC
  • Mendapat banyak pelajaran - Saya akui hal ini benar sebab tadinya Saya kurang mengerti tentang strategi didalam bermain, yang secara tidak sadar Saya telah belajar mengenai bagaimana memimpin sesuatu, bagaimana dapat mengatasi persoalan yang kita hadapi. mengapa bisa demikian? karena di dalam coc, kita harus membangun kerajaan kita sendiri, kita harus bisa mengetahui kelemahan dan kelebihan dari tempat kita sendiri (Base). Clash of clans pun mengajarkan kita bagaimana kita bisa berstrategi, karena hal tersebut sangat dibutuhkan dalam membuat pasukan. Sepele memang, tapi menurut Saya hal ini memang benar ! Khayalan dan logika dari seorang gamer  COC itu biasanya yambung alias bisa berfikir kritis.
  • Belajar Sabar - Bahkan didalam bermain  Clash of Clans sekalipun kita dapat mengambil pelajaran untuk bersabar, kok bisa ? karena seperti biasa disaat kita ingin 'ngerampok' kita harus bersabar untuk mendapatkan 'loot' yang banyak, apalagi kalo kita gak mau rugi atau bisa dibilang cuma pake barbarian dan archer. Jadi bersabar Kunci nomor satunya digame ini.
  • Ketagihan atau Kecanduan - Permasalahan ini banyak yang bisa mengatasinya, tapi lebih banyak lagi yang tidak (kecanduan). Kebanyakan dari para pecinta coc, itu mereka dapat bermain hingga semalaman atau 24 jam, bahkan disela-sela sekolah,kuliah,kerja atau yang lain, mereka menyempatkan diri untuk membuka coc, walaupun hanya sekedar melihat keadaan base mereka, tapi hal tersebut dapat berlangsung lama. Dan jadi kebiasaan sehingga tidak ada waktu tanpa melihat COC.
  • Menghambat Pekerjaan lainnya - Yap! bahkan bisa dibilang sangat menghambat, apalagi kalo lagi 'war'... hal tersebut membuat orang akan lupa pekerjaan yang lebih penting dari COC. mereka rela begadang untuk bermain dan tidak memperdulikan yang lain..
  • Sikap tidak peduli dengan sekitar.- Parahnya lagi jika sudah kecanduan game COC adalah sikap anti sosial. Ketika ada sebuah acara, biasanya seseorang yang sudah kecanduan itu ebih fokus kepada bermain COC-nya dari pada acara. Yang lebih parahnya lagi ketika sedang diajak ngobrol  sama teman, entah pura-pura atau memang gak denger tapi biasanya mereka tidak mendengarkan pembicaraan temannya, hati-hati bagi kamu yang sudah seperti ini bisa-bisa dijauhi sama teman lo!!! (kalau Saya teman no 1). 
Dari pendapat diatas ini mari kita simpulkan, mengenai dampak positif dan negatif dalam bermain COC kesimpulannya adalah "Dampak Buruk Akibat Main COC Lebih Banyak dibanding Manfaatnya".

Jadi Kita sepakat kan, kalo "Dampak Buruk Akibat Main COC Lebih Banyak dibanding Manfaatnya" buktinya setelah 3 kategori diatas jawabannya tetap sama. Tapi Saya tidak hanya ingin mencari-cari permasalahan saja tanpa adanya solusi, jadi saya akan berbagi beberapa tips untuk permasalahan-permasalahan diatas :

Solusi atasi dampak negatif coc
  1. Bermain COC itu tidak apa-apa, asal jangan berlebihan sampai 24 jam non stop.
  2. Jangan menyiksa diri, waktunya makan ya makan, waktunya tidur ya tidur, jangan makan sambil tidur..eh!!!
  3. Imbangi kebiasaan buruk kita dengan kebiasaan baik, kalo suka begadang lebih diperbanyak lagi asupan gizi dan vitamin karena tubuh butuh banget itu.
  4. Jarak Pandang yang baik adalah  menjauhkan layar kurang lebih 20-30 inci atau sekitar panjang lengan dari pandangan mata. Usahakan agar layar sejajar dengan arah pandang mata. Atur Cahaya ponsel agar tidak terlalu silau atau terlalu redup. Jika cahaya terlalu terang, gunakan filter atau pelindung anti-silau. Jangan lupa untuk mengatur brightness untuk mendapatkan kontras yang tepat antara huruf dan latar belakang.
  5. Posisikan tubuh dalam keadaan yang tepat jangan bermain game COC ini dalam posisi tidur dan gelap. Kedipkan Mata sesering mungkin saat memfokuskan pandangan. Mengistirahatkan Mata diusahakan ketika sudah terlalu lama depan layar baik Hp maupun Pc.
  6. Makan makanan yang sehat ntuk mata dengan mempererbanyak mengkonsumsi makanan dan buah-buahan bervitamin yang baik untuk kesehatan mata.
Ini semua hanyalah sebagian kecil pengalaman dan informasi dari Saya. Dan untuk referensi, Saya harap jika ada Clasher yang mengalami suatu permasalahan, sebuah problema, atau memiliki solusi-solusi atau mau sekedar memberi apresiasi seputar permasalah ini, Saya mohon Clasher berikan komentarnya dibawah.

Yah! demikian itu pembahasan kita mengenai Awas!!! Dampak Buruk Akibat Main COC Lebih Banyak dibanding Manfaatnya. Jika ada sesuatu yang kamu fikirkan langsung aja ditulis komentarnya..... Terimakasih

Related Posts:

46 Responses to "Awas!!! Dampak Buruk Akibat Main COC Lebih Banyak dibanding Manfaatnya"

  1. iya bener lebih banyak dampak buruk nya, setelah saya memikirkan dampak itu udah lama saya pensi maen coc :D

    ReplyDelete
  2. bener juga sih :3 sempet pensi beberapa lama tapi temen2 ngajak main yaudah main lagi walau ngebuka pas war doang

    ReplyDelete
  3. yow....
    komen or follow balik cuy...
    koreapopy.blogspot.com
    adventur4.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. jasacomtech.blogspot.com
      kangsony.com
      gokampus.com
      opensource.web.id
      sonytutorial.blogspot.com
      jalurbawah.blogspot.com
      tiunsera.blogspot.com
      technorium.blogspot.co.id
      itsukabumi.blogspot.co.id
      mediakucms.blogspot.co.id
      proexpoweb.blogspot.co.id

      Delete
  4. kalo ane sih dari pada main coc mendingan main permainan tradisional gan

    ReplyDelete
  5. Wah ane udh off main coc, jadi gak inget waktu

    ReplyDelete
  6. Untung gak main COC :v
    jasacomtech.blogspot.com
    kangsony.com
    gokampus.com
    opensource.web.id
    sonytutorial.blogspot.com
    jalurbawah.blogspot.com
    tiunsera.blogspot.com
    technorium.blogspot.co.id
    itsukabumi.blogspot.co.id
    mediakucms.blogspot.co.id
    proexpoweb.blogspot.co.id

    ReplyDelete
  7. satu efeknya yang sangat terasa boros kuota

    ReplyDelete
  8. untungnya saya jarang maen COC.. pling klo ada paket internet + wifi gratis aja :v

    ReplyDelete
  9. ternyata banyak dampak negatifnya ya,,,untung saja saya tidak terlalu menyukai game apa lagi coc,,jadi terhindar dari dampak negativnya deh

    ReplyDelete
  10. COC, menurutku game judi yang tersembunyi.

    ReplyDelete
  11. maingame Clash of Clans secara terus-menerus bisa jadi kecanduan tuhh

    ReplyDelete
  12. udah jarang main coc.. dah bosen. hehehe

    ReplyDelete
  13. bener banget nih infonya gan

    ReplyDelete
  14. bener sih, tapi tidak cuma COC saja,
    segala sesuatu kalau di gunakan secara berlebihan, maka yang ada dampak negatifnya lebih besar daripada dampak positif

    ReplyDelete
  15. so pasti itu gan dampak buruknya.btw ane gk pernah tuh lama-lama maen coc

    ReplyDelete
    Replies
    1. hebat gan... kalo yang main coc kyk ane ya bisa sampai lama

      Delete
  16. bener banget gan abang saya pemain coc, semenjak dia jadi pemain coc dia berubah jadi boros baget sya perhatiin

    ReplyDelete
  17. yang penting jangan terlalu mementingkan game bro

    ReplyDelete
  18. Wih bener-bener. Tapi, gue main COC biasanya buat nyari uang doang biasanya soalnya kalo THnya udah tinggi ya dijual hehehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. bagus agan bisa menggunakan pedang dengan benar....

      Delete
  19. Setuju Gan... Lebih Banyak Buruknya Dari Pada Manfaatnya..

    ReplyDelete
  20. wahh untung aja saya gk pernah main coc gan ^_^

    ReplyDelete
  21. sy sudah pensiun maen coc, bukan menghilangkan stress malah bikin frustrasi coc itu, makanya sy pensiun dini..

    ReplyDelete
  22. kalau saya sekarang sudah sedikit mengurangi buat maen game, karena buang buang wakatu saja, mending digunain buat hal positif lainya.... buat bikin artikel misalnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. lanjut nge blognya bang ane dukung

      Delete
    2. Saya sudah TH9 tahun kemaren,karena mengganggu waktu bersama keluarga,saya putuskan off COC.

      Delete
  23. lebih baik ngegame daripada ngebokep :)) :))

    ReplyDelete
  24. setuju deh sama pendapat mimin..
    kebanyakan main game COC buat aku pusing n sakit mata apalagi sukanya posisi baring.
    iya deh... sekarang udah mulai pandai mengontrol time buat gaming COC.

    ReplyDelete
  25. Poin diatas benner sekalii,,semuanya saya ngalamin sendirii,,tapii sekarang anee mulai menguranginyaa dan ingin meninggalkannya

    ReplyDelete
  26. memang CoC itu mendidik kesabaran
    tpi dampak negatif.a 99.9%

    ReplyDelete
  27. ia gan coc itu me3ndidik tapa jangan kelewatan bermain

    ReplyDelete
  28. Mainan orang g#bl#g.. Kebanyakan pada lupa waktu. ..

    ReplyDelete